Sunday, August 30, 2015

Waktu-waktu (les temps)

Waktu-waktu (les temps)
Anda telah tahu bahwa waktu dapat dibagi menjadi 3 yaitu waktu lampau, kini atau sekarang dan yang akan datang. Dalam gramatika Perancis, bentuk kata kerja berdasarkan pembagian waktu-waktu ini yaitu sebagai berikut:
a. Waktu lampau.
1) L’imparfait.
2) Le passé composé.
3) Le passé simple.
4) L’imparfait du subjonctif.
5) Le passé antérieur dan le plus-que-parfait.
b. Waktu sekarang.
1) Le présent.
2) Le présent du subjontif.
c. Waktu akan datang.
1) Le futur.
2) Le futur du passé.
3) Le futur antérieur.
Pronomina orang dan milik (pronom personnel et pronom possessif)
1.1 Pronomina persona (le pronom personnel)
Bahasa Perancis memiliki beberapa macam kata ganti orang. Ada sebagai subjek dan ada pula sebagai objek penderita atau penyerta. Bahkan ada kata ganti orang yang bertujuan untuk menegaskan sesuatu hal. Contoh :

1. Orang melihat saya.
2. Saya memberi sebuah blog kepada Paul.
Keterangan:
Kata-kata yang ditulis dengan huruf miring yaitu pronomina orang. Pada kalimat kesatu “saya” adalah objek penderita. Kalimat kedua “saya” adalah subjek atau pelaku tindakan. Sedangkan Paul merupakan objek penyerta. Sebuah blog dikenal sebagai objek penderita.

Bentuk kata ganti orang sebagai pelengkap penderita yaitu:
on me voit - orang melihat saya

on te voit - orang melihat kamu

on le voit - orang melihat dia (m)

on la voit - orang melihat dia (f)

on nous voit - orang melihat kami

on vous voit - orang melihat anda

on les voit - orang melihat mereka (m)

on les voit - orang melihat mereka (f).

Bentuk kata ganti orang sebagai pelengkap penyerta yaitu:
on me donne - orang memberi saya

on te donne - orang memberi kamu

Related Post:

Widget by [ Monsieur Suryo ]

No comments:

Post a Comment