Tuesday, September 13, 2011

Belajar Bahasa Prancis Lewat Puisi

Ayo, Belajar Bahasa Prancis Lewat Puisi

Jakarta Mempelajari bahasa asing bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan mengikuti lomba baca puisi dalam bahasa tersebut. Itulah yang dilakukan oleh Pusat Kebudayaan Prancis (CCF) di Jakarta. Anda berminat?

Lomba baca puisi bahasa Prancis digelar di Auditorium Gedung IX Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia (UI) pada 22 dan 23 Maret 2011. Acara ini merupakan bagian dari gelaran Pekan Bahasa Prancis yang diselenggarakan oleh CCF kerjasama dengan UI.

Pekan Bahasa Prancis akan dibuka pada 20 Maret dan berlangsung hingga 25 Maret 2011. Acara ini juga dikenal dengan nama Pekan Frankofoni. Istilah Frankofoni sendiri merujuk pada  sebuah keluarga besar pengguna bahasa Prancis yang bernaung di bawah Organisasi Internasional Frankofoni (OIF).

OIF didirikan untuk mempromosikan penggunaan bahasa Prancis di 56 negara anggota dan 19 negara pengamat. Bahasa Prancis sendiri merupakan bahasa nasional di 32 negara. Hari Bahasa Prancis dirayakan di seluruh dunia setiap 20 Maret.

Selain lomba baca puisi, inilah berbagai kegiatan di Pekan Bahasa Prancis di Jakarta tahun ini:

*Pemutaran Film*
Sebanyak 16 film dari negara-negara Frankofon akan diputar di CCF Jakarta dan Universitas Indonesia, 20-25 Maret 2011. Film-film yang diputar di antaranya 'Dans Paris' (Prancis), 'Le premier jour du reste de ta vie' (Prancis), 'Formidable' (Belgia), 'Swiss Kiss' (Swiss), 'Ano', 'Masaryk' (Ceko), dan 'Maman est chez le coiffeur' (Kanada).

*Lomba Poster Bertema Multikulturalisme*
Digelar di Universitas Indonesia pada 21 Maret 2011, lomba ini khusus untuk para mahasiswa Program Studi Prancis Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia. Poster yang terseleksi akan dipamerkan untuk dinilai pada 21 Maret 2011.

*Lomba Baca Puisi Frankofon*
Lomba ini terbuka untuk siswa SMU. Selain itu, ada juga lomba presentasi tentang negara anggota Frankofoni. Digelar di UI, 22-23 Maret 2011

*Seminar Multikulturalisme*
Digelar 24 Maret 2011 pukul 09.00-12.00 WIB, seminar akan membahas bagaimana multikulturalisme dapat memberikan efek positif maupun negatif. Dengan mempelajari multikulturalisme di Kanada, Prancis, dan Swiss diharapkan peserta seminar dapat menemukan jalan keluar terbaik untuk Indonesia dan negara-negara lainnya.

 SUMBER

Related Post:

Widget by [ Monsieur Suryo ]

No comments:

Post a Comment