Tuesday, September 13, 2011

Kenapa Kita Wajib Belajar Bahasa Prancis


Bahasa Prancis adalah salah satu bahasa yang memiliki banyak peminat. Sehingga menjadi pertanyaan kenapa harus mempelajarinya? Memang, menjawabnya bisa saja dengan jawaban angin lalu. Misalnya, namanya belajar bahasa tentu saja penting dan bermanfaat. Namun tentu saja jawaban tersebut tidak memberikan rasa kepuasan.
Belajar bahasa Prancis menjadi penting sebenarnya, karena tiga alasan:
1. Bahasa Dunia
Setelah bahasa Inggris, bahasa yang paling banyak digunakan di negara-negara berkembang dan maju adalah bahasa Prancis. Bahkan di beberapa negara, bahasa Prancis menjadi bahasa resmi. Negara-negara yang menjadikan bahasa Prancis sebagai bahasa resmi adalah, Kanada, Madagaskar, Kongo, Belgia, Swiss, Mali dan sebaainya.
Tak hanya itu, dalam kongres organisasi besar bahasa Prancis menjadi bagian dari bahasa komunikasi yang digunakan oleh para utusan negara. Di PBB, NATO, UNESCO, Palang Merah International dan organisasi-organisasi international lainnya, semuanya menjadikan bahasa Prancis sebagai bahasa resmi yang boleh dipakai oleh utusan masing-masing negara.
2. Bahasa Bisnis
Karena bahasa Prancis bisa masuk sebagai bahasa resmi dalam organisasi besar, maka bahasa Prancis termasuk bahasa Bisnis. Dengan kemampuan memiliki bahasa Prancis peluang untuk membuka cabang perusahaan di negara-negara asing pun makin mudah. Karena kemampuan memiliki bahasa Prancis membuat proses negoisasi dan proses kerja perusahaan Anda pun menjadi lebih berkembang.
Hal ini layaknya siapa saja yang mahir berbahasa Inggris memiliki peluang kerja yang cukup mudah. Kemampuan bahasanya menjadi penilaian tersendiri oleh pihak perusahaan. Demikian juga jika Anda menguasi bahasa Prancis, kemungkinan besar Anda berada posisi yang menguntungkan.
3. Bahasa Wisatawan
Jika Anda mampu berbahasa Prancis, maka saat Anda melakukan kunjungan ke negara-negara yang menggunakan bahasa Prancis sebagai salah satu bahasa resmi tentunya akan memudahkan Anda. Apalagi orang Prancis terkesan tidak ramah. Jika Anda tidak menguasai bahasa Prancis, bisa jadi saat Anda sedang berkunjung ke Prancis akan mengalami kesusahan. Akan tetapi, jika Anda bisa berbahasa Prancis plus menguasai sedikit pemahaman tentang budaya mereka, maka orang-orang Prancis akan memperlakukan Anda dengan lebih baik dan lebih hormat. Hal ini menjadikan perjalananan Anda menjadi menyenangkan.
Inilah tiga hal kenapa kita harus belajar bahasa Prancis. Semoga bisa memotivasi kita untuk terus semangat belajar bahasa prancis.
Rahmat Hidayat Nasution, freelance writer di situs www.anneahira.com


Related Post:

Widget by [ Monsieur Suryo ]

No comments:

Post a Comment